Hari Jumat, hari yang istimewa - Espada Fajar

Latest

buka mata buka telinga

Hari Jumat, hari yang istimewa

hari jumat, adalah hari Besar (sebutannya) untuk orang islam dan laki-laki wajib melaksanakan yang namanya sholat jumat. dan diwajibkan untuk mandi sebelum pergi sholat jumat.
waktu kecil itu sering dibilang sama orang-orang yang sudah tua, kita selalu di bilang "sholat jumat kalau siang ke masjid, jangan pergi main main di luar. banyak setan". saya tidak tahu itu bagaimana maksd seutuhnya. tapi..... saya punya beberapa hal tentang hari jumat, mengapa hari jumat begitu istimewa.

ya. istimewa.

baiklah, langsung saja saya akan memberikan apa saja sih yang menyebabkan hari jumat itu istimewa?

langsung baca aja.

1. hari jumat adalah hari dihapuskannya dosa-dosa

adapun penjelasannya bisa dilihat dari sabda Rasulullah. 

Salman Al Farisi berkata : Rasulullah bersabda: “Siapa yang mandi pada hari Jum’at, bersuci sesuai kemampuan, merapikan rambutnya, mengoleskan parfum, lalu berangkat ke masjid, dan masuk masjid tanpa melangkahi diantara dua orang untuk dilewatinya, kemudian shalat sesuai tuntunan dan diam tatkala imam berkhutbah, niscaya diampuni dosa-dosanya di antara dua Jum’at”. (HR. Bukhari).

2. hari jumat adalah hari dimana Allah SWT akan menampakan diri kepada kita di syurga

Sahabat Anas bin Malik dalam mengomentari ayat: “Dan Kami memiliki pertambahannya” (QS.50:35) mengatakan: “Allah menampakkan diri kepada mereka setiap hari Jum’at”.
3. jalannya orang muslim yang berangkat jumat adalah pahala 
Aus bin Aus berkata: Rasulullah bersabda: “Siapa yang mandi pada hari Jum’at, kemudian bersegera berangkat menuju masjid, dan menempati shaf terdepan kemudian dia diam, maka setiap langkah yang dia ayunkan mendapat pahala puasa dan shalat selama satu tahun, dan itu adalah hal yang mudah bagi Allah”. (HR. Ahmad dan Ashabus Sunan, dinyatakan shahih oleh Ibnu Huzaimah).

oh iya, masih ada lagi yang lainnya.
mungkin  itu saja postingan saya saat ini. wassalam :)

No comments:

Post a Comment