Inilah 6 Inovasi Desain Yang Dapat Mengurangi Limbah Elektronik - Espada Fajar

Latest

buka mata buka telinga

Inilah 6 Inovasi Desain Yang Dapat Mengurangi Limbah Elektronik

Daur ulang limbah elektronik

Saat ini tampaknya banyak perangkat elektronik yang dirancang hanya sekali pakai, sehingga memaksa konsumen untuk membeli model baru dibanding memperbaiki yang lama. Hal inilah yang menyebabkan begitu banyaknya limbah elektronik yang tidak bisa didaur ulang lagi.
Untungnya, saat ini banyak para inovator yang mencoba untuk mendesain sebuah produk elektronik yang terbuat dari bahan yang bekerlanjutan sehingga mudah untuk didaur ulang.
Berikut ini 6 inovasi desain yang dapat mengurangi limbah elektronik:

1. Papan sirkuit elektronik (PCB) dapat larut dalam air

 

PCB larut dalam air

  ebuah tim peneliti dari National Physical Laboratory di inggris menciptakan sebuah papan sirkuit elektronik yang dapat larut dalam air panas. Setelah mencair 90% komponen elektronik di dalam papan sirkuit tersebut seperti resistor dan kapasitor dapat digunakan kembali. Dibandingkan dengan daur ulang papan sirkui sebelumnya yang hanya bisa memakan 2% limbah komponen elektronik di dalamnya.

2. Smartphone yang dapat di bongkar-pasang seperti lego









Smartphone bongkar pasang

Google Project Ara adalah smartphone yang terdiri dari sebuah modul-modul yang dapat di bongkar-pasang dengan mudah. Sehingga konsumen dapat dengan mudah untuk memperbaiki maupun mengupgrade smartphone ini, dari pada harus membuangnya dan membeli baru. Rencananya smartphone ini akan dirilis ke publik pada tahun 2017.

3. Robot daur ulang iPhone

Robot daur ulang iPhone
Apple telah mengembangkan sebuah robot bernama liam untuk mendaur ulang iPhone bekas. Robot ini dapat bekerja dengan cepat untuk memperbaharui komponen yang tidak dinginkan. Sebelumnya Apple mengajak konsumennya untuk mengirimkan gadget Apel mereka menggunakan layanan yang disediakan oleh perusahaan.

4. Smartphone ramah lingkungan

Smartphone ramah lingkungan
Fairphone 2 mengusung desain modular yang dapat memudahkan pengguna untuk memperbaiki ponsel mereka. Fitur ini memungkinkan konsumen untuk mengupgrade atau mengganti per-bagian dari ponsel tersebut tanpa mengganti seluruh perangkat yang ada.


5. Mesin untuk menukarkan perangkat elektronik dengan uang tunai

Jual barang elektronik bekas melalui mesin ATM

Dalam pagelaran Indeks Desin Award, muncullah ecoATM yang menawarkan salah satu solusi cerdas. Mesin ini dapat menerima pertukaran perangkat elektronik dengan uang tunai. Kisaran harga untuk penukaran ponsel, tablet, atau MP3 sekitar $25 atau setara dengan 300 ribuan. Dikabarkan, saat ini ecoATM sudah memiliki 350 stasiun yang berada di 24 negara.

6. 3D printer yang dikembangkan dari komponen elektronik bekas

3D printer dari komponen elektronik bekas

Seorang ilmuan dari Afrika, Kodjo Afate Gniko mampu untuk mengubah limbah elektronik menjadi sebuah 3D Printer. Dia mengumpulkan beberapa bagian yang rusak dari scanner, printer, dan komputer untuk membuat sebuah 3D printer yang dapat bersaing di pasaran.
Hadirnya tren desain ramah lingkungan, kita berharap untuk kedepannya bumi ini dapat terbebas dari limbah elektronik yang dapat merusak bumi ini.

No comments:

Post a Comment